Posted by : Unknown Kamis, 24 Juli 2014

 PEMAHAMAN DASAR
Visual Basic .NET 2008 merupakan salah satu paket bahasa pemrograman dari Visual Studio 2008. Banyak fasilitas yang akan kita dapatkan melalui rilis Visual Basic versi ini. Visual Studio 2008 sendiri merupakan sebuah software untuk membuat aplikasi windows, jadi melalui software ini kita bisa membuat sebuah aplikasi database, aplikasi inventory dan lain-lain. Banyak orang  lebih suka menyebut sebuah aplikasi sebagai sebuah program atau software, padahal ketiga istilah itu adalah sama.




VISUAL STUDIO 2008

Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web. 

Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic .NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

Microsoft Visual Studio dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi dalam native code (dalam bentuk bahasa mesin yang berjalan di atas Windows) ataupun managed code (dalam bentuk Microsoft Intermediate Language di atas .NET Framework). 

Selain itu, Visual Studio juga dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi Silverlight, aplikasi Windows Mobile (yang berjalan di atas .NET Compact Framework). Visual Studio 9.0.21022.08, atau dikenal dengan sebutan Microsoft Visual Studio 2008 diluncurkan pada 19 November 2007, yang ditujukan untuk platform Microsoft .NET Framework 3.5. 

Untuk versi sebelumnya yaitu Visual Studio 2005 ditujukan untuk platform .NET Framework 2.0 dan 3.0. Visual Studio 2003 ditujukan untuk .NET Framework 1.1 dan Visual Studio 2002 ditujukan untuk .NET Framework 1.0. Versi-versi tersebut di atas kini dikenal dengan sebutan Visual Studio .NET, karena memang membutuhkan Microsoft .NET Framework. 

Sementara itu, sebelum muncul Visual Studio .NET, terdapat Microsoft Visual Studio 6.0 (VS1998). Versi terbaru sejak buku ini diluncurkan, versi terbarunya adalah Visual Studio 2012 ini dilaunching bersamaan dengan Windows 8 yang terbaru dari Microsoft, dan tentu saja software programming terbaru dari Microsoft ini sangat perfect dengan didukung fitur-fitur terbaru. Semenjak Visual Studio .NET, Microsoft telah banyak melakukan pengembangan dan perubahan pada tampilan software ini. 

Jadi apabila kamu sudah terbiasa dengan Visual Basic, sebelumnya maka kamu harus mulai beradaptasi dengan tampilan baru ini. Ketika pertama dijalankan, Visual Studio akan menampilkan lembar kerja yang didalamnya terdapat berbagai macam menu dan toolbar dengan sebuah Start Page (Halaman Pembuka) di dalamnya.

Sebelum membuat aplikasi baru, ada dua buah istilah yang perlu diketahui dalam Visual Studio 2008
yaitu:
  • Project
    Adalah sebutan untuk sebuah software yang sedang melalui tahapan pembuatan menggunakan Visual Studio dan belum menjadi sebuah aplikasi. Terdapat beberapa jenis project, di antaranya project pembuatan aplikasi Windows, project pembuatan aplikasi Console dan masih banyak lagi.
  • Solution
    Adalah kumpulan dari beberapa buah project dimana sebuah solution dapat terdiri atas satu buah project atau beberapa buah project, tergantung kebutuhan. Sebuah project harus disimpan dalam sebuah solution.
Sekian sedikit pengetahuan yang dapat saya berikan kepada anda, semoga pengetahuan yang saya berikan ini bisa membantu anda umtuk lebih mengenal berbagai macam bahasa pemrograman beserta software nya. Terima kasih telah berkunjung ke blog saya. 



{ 2 komentar... read them below or Comment }

Popular Post

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Dunia Komputer -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -