Posted by : Unknown Sabtu, 06 September 2014

Pengertian Elektronika


Elektronika adalah ilmu yang mempelajari alat listrik arus lemah yang dioperasikan dengan cara mengontrol aliran elektron atau partikel bermuatan listrik dalam suatu alat seperti komputer, peralatan elektronik, termokopel, semikonduktor, dan lain sebagainya. Ilmu yang mempelajari alat-alat seperti ini merupakan cabang dari ilmu fisika, sementara bentuk desain dan pembuatan sirkuit elektroniknya adalah bagian dari teknik elektro, teknik komputer, dan ilmu/ teknik elektronika dan instrumentasi.
Alat-alat yang menggunakan dasar kerja elektronika ini biasanya disebut sebagai peralatan elektronik (electronic devices). Contoh peralatan/ piranti elektronik ini: Tabung Sinar Katoda (Cathode Ray Tube, CRT), radio, TV, perekam kaset, perekam kaset video (VCR), perekam VCD, perekam DVD,
kamera video, kamera digital, komputer pribadi desk-top, komputer Laptop, PDA (komputer saku), robot, smart card, dll.
Seperti disebutkan di atas elektronika didasarkan pada pengetahuan tentang kelistrikan. Listrik, dapat diartikan sebagai berikut:
  1. Listrik adalah kondisi dari partikel subatomik tertentu, seperti elektron dan proton, yang menyebabkan penarikan dan penolakan gaya di antaranya.
  2. Listrik adalah sumber energi yang disalurkan melalui kabel. Arus listrik timbul karena muatan listrik mengalir dari saluran positif ke saluran negatif.

Rangkaian listrik yaitu suatu komponen-komponen llistrik yang saling dihubungkan dengan cara-cara tertentu dan paling sedikit memiliki satu lintasan tertutup.

Elemen listrik terdiri dari dua berdasarkan jumlah terminalnya, yaitu :
  1. elemen listrik dua terminal
  2. elemen listrik lebih dari dua terminal

elemen listrik dua terminal terdiri dari :
  1. Sumber tegangan
  2. Sumber arus
  3. Resistor (R)
  4. Induktor (L)
  5. Kapasior (C)
sedangkan untuk elemen listrik yang lebih dari dua terminal terdiri dari :
  1. Transistor
  2. IC
Dalam rangkaian listrik, elemen-elemen listrik terdiri dari :
  1. Elemen aktif, yaitu elemen yang menghasilkan energi, seperti sumber tegangan dan sumber arus.
  2. Elemen pasif, yaitu elemen yang tidak menghasilkan energi namun menyerap energi. Yang menyerap energi adalah resistor (R). Juga menyerap medan magnet oleh induktor / kumparan (L), dan menyerap bentuk medan listrik oleh kapasitor (C).
Demikianlah sedikit pengetahuan untuk mengenal Konsep dasar dari Elektronika dan Kelistrikan.. Semoga bermanfaat dan Terima kasih telah berkunjung dalam blog Dunia Komputer.

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Dunia Komputer -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -