Posted by : Unknown Sabtu, 06 September 2014

pengertian Motherboard


secara harfiah terbagi menjadi dua suku kata yang dalam bahasa inggris menjadi “mother” dan “board”. “mother” yang apabila diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya adalah ibu / induk / utama, sedangkan “board” yang artinya adalah papan. Jadi apabila dua suku kata tersebut disatukan, maka akan memiliki arti papan induk atau papan utama.




 Motherboard biasa ditemukan didalam sebuah perangkat computer, seperti namanya motherboard berbentuk sebuah papan PCB, fungsi dari motherboard dalam sebuah komputer adalah tempat terhubungnya semua perangkat atau komponen lain dari computer agar memiliki koneksi antara perangkat yang satu dengan yang lain. 
 

Fungsi Motherboard

Fungsi utama motherboard ialah sebagai pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya. Artinya, motherboard di sini mengemban tugas untuk menghubungkan bahasa kode antarperangkat keras untuk disinergikan menjadi sebuah aktivitas kerja perangkat komputer. Sebagai contoh, motherboard berfungsi menghubungkan beberapa perangkat keras seperti prosesor, RAM, hard disk, printer, power supply, dan masih banyak lagi.

Jika pembaca ingin merakit komputer sendiri, maka hendaknya meneliti terlebih dahulu sebelum membeli perangkat motherboard. Artinya, di sini Anda haruslah memperhatikan beberapa hal terkait pembelian perangkat keras motherboard, antara lain: jenis soket prosesor, frekuensi BUS, jumlah soket SATA dan PCI, jumlah soket RAM, serta yang terpenting adalah reputasi dan keandalan sebuah merek daripada perangkat keras motherboard yang akan dibeli.

Sedikit melihat mengenai pengertian motherboard diatas, tentu dapat dibayangkan bahwa motherboard ini memang cocok dikatakan sebagai papan induk atau papan utama. Karena setiap komponen yang ada pada computer seperti, hardisk, RAM, prosesor, VGA dan lain sebagainya tidak akan dapat berfungsi apabila tidak ada dan tidak melekat pada sebuah motherboard. 

Jadi dapat dikatakan juga bahwa motherboard adalah perangkat yang sangat vital didalam computer, apabila motherboard mengalami kerusakan seperti terbakar akibat konsleting misalnya, maka otomatis sebuah computer tidak akan bisa berjalan. Lain hal nya apabila perangkat yang lain rusak, contoh apabila VGA atau yang diartikan sebagai card graphic mengalami kerusakan, maka sebuah computer tetap akan bisa berjalan.

Alasan kenapa sebuah computer tetap akan berjalan normal apabila komponen atau perangkat lain yang rusak, contohnya VGA adalah karena pada era modern seperti sekarang ini, dalam sebuah papan motherboard sudah memiliki perangkat VGA sendiri. Jadi walaupun VGA card anda lepaspun computer tetap akan berjalan normal. Perangkat yang memang tersedia dalam sebuah motherboard dinamakan sebagai perangkat on board. Sedangkan perangkat tambahan disebut sebagai off board atau add on.

Demikianlah sedikit yang dapat saya berikan.. Semoga bermanfaat untuk kita bersama.. Terima kasih telah berkunjung dalam blog Dunia Komputer.. 

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Dunia Komputer -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -