Posted by : Unknown Senin, 08 September 2014


Cara Budidaya Lovebird 


Cara ternak lovebird dapat menjadi pilihan usaha yang cukup menjanjikan. Berbagai jenis burung lovebird memang sedang banyak diminati oleh pecinta burung-burung hias. Keindahan yang terletak pada warna-warni lovebird ini menjadi daya tarik sendiri. 

Hal itulah yang membuat burung lovebird dengan kualitas baik menginjak harga jutaan rupiah per ekornya. Cara ternak lovebird bagi pemula selengkapnya kami ulas berikut ini.  

Meskipun bukan berasal dari negeri sendiri, namun ternak lovebird masih menjadi primadona bagi para pecinta burung hias di Indonesia.
Lovebird terbilang memiliki sifat yang cukup unik, yaitu memiliki sifat burung yang setia pada satu pasangan saja dan berlaku sampai mereka mati. 

budidaya lovebird pun perlu ada penanganan khusus yaitu :

  1. Indukan lovebird

    Usia lovebird yang tepat untuk berproduksi yaitu pada usia 1 tahun.


  2. Perjodohan lovebird

    Masing – masing jantan dan betina yang berada pada sangkar yang terpisah, kemudian dekatkan kedua sangkar tersebut. Proses ini berlangsung selama 3 – 7 hari.


  3. Bertelur dan pengeraman

    Lovebird yang telah mulai kawin, secara otomatis mereka akan mencari tempat untuk bertelur, sehingga dalam kandang perlu disediakan glodog sebagai kotak sarang. Siapkan pula alas pengeraman di dasar bahan-bahan untuk membuat sarang seperti di alam bebas, dengan mulai mengumpulkan ranting kecil, tangkai daun, dan sebagainya.

  4. Penetasan telur  

    Lovebird akan mulai menetes dengan memakan waktu cukup lama, sekitar 24 jam setelah dierami selama 21 – 23 hari. Hal ini terjadi secara alami karena pada saat proses penetasan tersebut memang sedang terjadi berbagai penyesuaian di dalam tubuh anak lovebird.  

    Cara Membedakan jenis kelamin lovebird

Berbeda dengan jenis burung kenari, burung lovebird secara fisik pada jenis kelaminnya sangat sulit dibedakan yakni bersifat sexually dimorphic atau bentuk fisik jantan dan betina yang sama. Kebanyakan orang indonesia, membedakan jenis kelamin burung dengan cara meraba tulang.

  1. Lovebird betina – memiliki jarak antara kedua tulang supit renggang dan terasa lentur.
  2. Lovebird jantan – terda[at jarak antara tulang supit sempit dan terasa keras.

Namun hal tersebut belum tentu akurat untuk menentukan jenis kelamin lovebird. Tes darah adalah metode yang peling akurat dalam membedakan jenis kelaminnya. 

Demikianlah Cara membudidayakan burung lovebird dan Bagaimana membedakan jenis kelamin,, Semoga bermanfaat untuk para pecinta burung.. Terima kasih telah berkunjung. Silahkan datang kembali untuk melihat isi blog disini..

{ 1 komentar... read them below or add one }

Popular Post

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Dunia Komputer -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -